cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Faktor Exacta
ISSN : 1979276X     EISSN : 2502339X     DOI : -
Faktor Exacta is a peer review journal in the field of informatics. This journal was published in March (March, June, September, December) by Institute for Research and Community Service, University of Indraprasta PGRI, Indonesia. All newspapers will be read blind. Accepted papers will be available online (free access) and print version.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2014)" : 8 Documents clear
MODEL PENDUGA KINERJA PEGAWAI BERDASARKAN PENDEKATAN FIS MAMDANI : STUDI KASUS BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL PURWANTI PURWANTI
Faktor Exacta Vol 7, No 3 (2014)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.806 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v7i3.277

Abstract

PNS adalah merupakan unsur aparatur Negara yang bertugas sebagai abdi masyarakat. Untuk mengetahui keberhasilan seseorang Pegawai Negeri Sipil dapat dilihat melalui penilaian kinerja pegawai negeri. Hasil penilaian kinerja digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pembinaan Pegawai Negeri Sipil, antara lain pengangkatan, kenaikan pangkat, pengangkatan dalam jabatan, pendidikan dan pelatihan, serta memberikan penghargaan. Ada beberapa metode untuk merepresentasikan hasil logika fuzzy yaitu metode Tsukamoto, Mamdani dan Sugeno. Pada metode Tsukamoto, setiap konsekuen direpresentasikan dengan himpunan fuzzy dengan fungsi keanggotaan monoton. Output hasil inferensi masing- masing aturan adalah z, berupa himpunan biasa (crisp) yang ditetapkan berdasarkan ?-predikatnya. Hasil akhir diperoleh dengan menggunakan rata-rata terbobotnya.Pada metode Mamdani, aplikasi fungsi implikasi menggunakan MIN, sedang komposisi aturan menggunakan metode MAX. Metode Mamdani dikenal juga dengan metode MAX-MIN. Inferensi output yang dihasilkan berupa bilangan fuzzy maka harus ditentukan suatu nilai crisp tertentu sebagai output. Katakunci: Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3), Fuzzy Inference System Mamdani
PEMBELAJARAN TATA SURYA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SRI MELATI SAGITA; RINI AMALIA
Faktor Exacta Vol 7, No 3 (2014)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (924.468 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v7i3.273

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, komputer memiliki banyak manfaat bagi manusia di berbagai bidang yaitu dalam bidang informasi, edukasi, bisnis dan komunikasi. Penggunaan komputer pada bidang edukasi sangatlah banyak. Salah satu nya pembelajaran tentang tata surya. Saat ini pembelajaran tata surya hanya bisa dipelajari dari buku, video, internet ataupun datang langsung ke tempat yang mempelajari tentang tata surya seperti Planetarium. Dengan perkembangan teknologi saat ini, terutama di bidang teknologi Augmented Reality, maka perlu diimplementasikan ke dalam dunia pembelajaran terutama pembelajaran tata surya menggunakan teknologi Augmented Reality. Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips. Augmented Reality sebagai penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyatadan terdapat integrasi antar benda dalam tiga. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, Untuk pembuatan objek 3D digunakan software 3DSMax sedangkan untuk membuat aplikasi digunakan software ARSound. Aplikasi pembelajaran tatasurya ini dibuat dalam beberapa tahap. Dimulai dengan pembuatan objek 3D, perancangan aplikasi, dan perancangan marker yang bertujuan untuk menampilkan objek planet yang berbentuk 3 dimensi dengan animasinya serta menampilkan suara yang menggunakan bantuan marker yang dibuat disesuaikan dengan gambar planet-planetnya. Kata Kunci: Augmented Reality, tata surya, marker
PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PERSURATAN BERBASIS WEB PADA PT. DWI PILAR PRATAMA DEWI LEYLA RAHMAH
Faktor Exacta Vol 7, No 3 (2014)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.404 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v7i3.278

Abstract

Pada era globalisasi seperti saat ini, perkembangan ilmu dan teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi yang sangat pesat membawa pengaruh terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan oleh organisasi. Semakin tinggi teknologi komunikasi yang digunakan akan semakin mempercepat proses penyampaian informasi. Proses pertukaran informasi yang cepat dapat membantu kelancaran kegiatan administrasi di dalam suatu organisasi baik swasta maupun pemerintah, khususnya kegiatan administrasi yang berkaitan dengan aktivitas surat menyurat. PT. DWI PILAR PRATAMA masih memiliki beberapa kekurangan diantaranya, dalam pencatatan data surat masuk dan surat keluar masih harus dicatat dan dibukukan dalam pembuatan surat masuk dan surat keluar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis mencoba mengadakan usulan perbaikan terhadap permasalahan tersebut. Kata Kunci: Surat, Sistem, Perancangan Aplikasi Sistem Persuratan, PHP,web
PROTOTIPE MATERI AJAR SMA BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM DENGAN SOFTWARE DEVELOPMENT “CMS LOKOMEDIA” DEWI DRIYANI
Faktor Exacta Vol 7, No 3 (2014)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (884.972 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v7i3.274

Abstract

Dengan memanfaatkan teknologi informasi terutama internet untuk menyimpan, menukar data, informasi dan komunikasi dalam membuat materi ajar. Materi ajar yang digunakan masih dimiliki oleh masing – masing guru pada setiap mata pelajaran, serta materi yang diajarkan belum sama setiap guru dan sering terjadinya pertukaran guru untuk tiap mata pelajaran setiap tahunnya. Oleh sebab itu pihak sekolah sulit untuk melakukan pengawasan dan monitoring untuk materi ajar. Oleh karena itu penulis membuat Knowledge Management System (KMS) yang dapat membantu untuk mengumpulkan, mengelola, dan mendistribusikan pengetahuan. Tujuan dari penelitian adalah memfasilitasi guru membuat materi ajar yang efektif. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu kerangka kerja Model Tiwana, pemetaan organisasi menggunakan model Zack, dan pembentukan knowledge menggunakan teori Nonaka model SECI. Penelitian ini menggunakan pemodelan UML. Hasilnya adalah sebuah prototipe Knowledge Management System (KMS) untuk membuat materi ajar di SMA yang telah di uji dengan FGD memiliki hasil yang sangat baik, sedangkan kualitas prototipe yang dihasilkan di uji dengan ISO 9126 adalah Baik dengan persentase tanggapan responden sebesar 84.81%. jadi prototipe KMS ini dapat digunakan disekolah SMA dengan baik. Kata kunci : KMS, Model Tiwana, Model Zack, Model SECI, ISO 9126
PROTOTIPE SISTEM INFORMASI PEMASARAN DENGAN STRATEGI PIPELINE MANAGEMENT SPANCOP BERBASIS E- COMMERCE: STUDI KASUS PD TRADECO INTITAMA BUDI SANTOSO
Faktor Exacta Vol 7, No 3 (2014)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (787.853 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v7i3.275

Abstract

Persaingan perusahaan yang semakin sengit dewasa ini, memerlukan strategi khusus dalam hal pemasaran. PD Tradeco Intitama sebagai perusahaan retail yang bergerak dibidang distribusi bahan bakar minyak mempunyai strategi pemasaran pipeline management SPANCOP (Suspect, Prospect, Approach, Negotiate, Close, Order, Payment), namun dalam penerapannya banyak kendala-kendala di lapangan. Untuk itu penulis melakukan penelitian, penelitian ini merupakan jenis penelitian terapan. Metode pengembangan sistem informasi menggunakan model prototype. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, data sampling, studi pustaka, dan wawancara terhadap sampel yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode yang digunakan dalam menganalisis dan merancang sistem adalah metode Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek menggunakan Unified Modelling Language (UML). Teknik pengujian sistem dengan pendekatan Blackbox testing/ Alpha dan Bheta. Hasil dari penelitian berupa website “Sistem Informasi Pemasaran berbasis E-commerce”, yang diharapkan dapat mengimplementasikan strategi pipeline management SPANCOP secara mudah, sehingga dapat memberi manfaat yang lebih baik untuk perusahaan dalam hal pemasaran dan penjualan. Kata kunci: Sistem Informasi Pemasaran, E-commerce, Pipeline Management SPANCOP, Prototype, PenelitianTerapan, Blackbox Testing/ Alpha dan Betha.
PEMILIHAN SISTEM LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) METODE AHP MENGGUNAKAN CRITERIUM DECISION PLUS 3.0 AGUS DARMAWAN
Faktor Exacta Vol 7, No 3 (2014)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (757.466 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v7i3.276

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi khususnya melalui jaringan internet. Kebutuhan akan konsep maupun mekanisme dalam proses belajar mengajar berbasis IT menjadi penting Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan. Pengertian dari E-Learning sendiri merupakan suatu pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning bisa mencakup pembelajaran secara formal maupun informal.Dalam membuat sebuat e-Learning memerlukan perencanaan yang sangat matang, seperti layaknya membangun sebuah lembaga pendidikan konvensional. Sistem Learning Management System (LMS). Sering disebut LMS ini disebut dengan dengan platform e-Learning atau Learning Content Management System (LCMS). Seperti aplikasi lainnya, LMS ada yang bersifat proprietary software dan ada yang open source. Dalam penelitaian ini mengunakan LMS open source seperti ATutor (http://www.atutor.ca), Moodle (http://moodle.org), Dokeos (http://www.dokeos.com) Banyak metode yang bisa digunakan dalam sistem pengambilan keputusan. Salah metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dengan bantuan software Criterium Decision Plus 3.0, diperoleh peringkat untuk dapat diajukan sebagai LMS yang open source sebagai platform e-Learning yang terbaik. Kata kunci: Elearning, LSM, Analytic Hierarchy Process, Criterium Decision Plus 3.0
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN TEKNOLOGI SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) PADA XYZ INTAN MUTIA
Faktor Exacta Vol 7, No 3 (2014)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.978 KB) | DOI: 10.30998/faktorexacta.v7i3.272

Abstract

Improved quality and service mechanisms in the field of education is necessary in order to be more efficient and effective. Current Academic Information Systems at XYZ not supported by satisfying services. Students can not obtain academic information, schedule and score accurately and quickly, slow coordination between the services causing the need for the design of academic information system technology with Short Message Service (SMS). The main objective of this research is to help develop a system of academic information technology with SMS (Short Message Service) in the form of system design that is expected to support the coordination of services and the provision of academic information to students. Method of the research are observation, interviews, literature study, analysis and design of Information Systems based SMS gateway. The results of this study are useful to improve the coordination of campus and student services, output, among other academic information, class schedules, exam schedules, test scores, and students GPA. Keyword:    Academic Information System, Design system, Short Message Service, SMS Technology.
PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN ALAT KONTRASEPSI MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 NI WAYAN PARWATI SEPTIANI
Faktor Exacta Vol 7, No 3 (2014)
Publisher : LPPM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/faktorexacta.v7i3.271

Abstract

Keluarga Berencana merupakan program pemerintah Indonesia dalam meminimalisir populasi penduduk. Banyak jenis layanan dari pemerintah daerah untuk membantu berjalannya program pemerintah pusat, misalnya puskesmas. Puskesmas ada di setiap tingkat kelurahan dan puskesmas cocok untuk penyuluhan tentang keluarga berencana. Kebanyakan wanita sulit untuk menentukan alat kontrasepsi yang cocok. Oleh karena itu penulis akan merancang sistem pakar untuk memudahkan dalam menentukan alat kontrasepsi, menggunakan algoritma C4.5. Dalam penelitian ini menggunakan rapid miner untuk mengolah data latih dan membentuk pohon keputusan sesuai dengan algoritma C4.5. Menggunakan cofussion matrix diperoleh tingkat akurasi penerapan algoritma c4.5 dengan 150 data latih sebesar 92%. Perancangan sistem pakar penentu alat kontrasepsi ini menggunakan bahasa pemrograman JAVA. Kata kunci: Algoritma C4.5, alat kontrasepsi, sistem pakar, akurasi

Page 1 of 1 | Total Record : 8